Nama Raja Wayang Di Maha Barata

Daftar Nama Negara Pewayangan
Pernahkah kita mendengar nama Prabu Yudistira?
Tentu bagi sebagian orang yang sering mengikuti cerita kisah wayang Maha Barata, tidak asing lagi dengan nama tersebut. Ketika Sang Dalang mengucapkan nama tersebut pasti penonton setia sudah mengetahui, siapa tokoh tersebut. Yaps betul, Prabu Yudistira adalah nama raja dari kerajaan Ngamarta. Atau nama sejak kecilnya adalah Puntadewa. Saudara tertua dari para Pandawa. Tetapi artikel kali ini akan membahas raja-raja ternama atau yang sering keluar didalam cerita pewayangan, khususnya di kisah Maha Barata. Karena jika kisah Ramayana, penulis tidak begitu banyak tahu, hanya sedikit pengetahuan tentang itu. Tetapi nanti disuatu saat penulis akan membahasnya juga.

Kurawa
Didalam artikel ini akan disebutkan beberapa nama raja terkenal di kisah Maha Barata, tentunya tidak semuanya, hanya beberapa saja yang sering keluar. Karena jika semuanya disebutkan tentu akan panjang sekali tulisan ini dan setiap raja mempunyai masa kejayaannya masing-masing. Seperti Prabu Pandu Dewanata, beliau merupakan seorang raja yang sangat sakti dan bijaksana dalam memimpin kerajaan Hastina. Ketika beliau mangkat (wafat) seluruh rakyat Hastina, merasa kehilangan. Prabu Pandu, seperti ayahnya yakni Prabu Abiyasa, sebelum menjadi Resi. Prabu Abiyasa, juga terkenal sangat sakti dan arif bijaksana dalam memimpin seluruh rakyat Hastina Pura. Sifat itu yang diwariskan kepada putranya yakni Pandu Dewanata.

Selain dua nama yang telah disebutkan diatas sesungguhnya masih banyak lagi. Tetapi lakon atau cerita yang sering dipentaskan bukan di zamannya Prabu Pandu apalagi Prabu Abiyasa. Namun di generasi setelahnya. Meskipun demikian bukan berarti di zaman Prabu Abiyasa atau Prabu Pandu, tidak ada kisa yang dapat diceritakan. Tentu banyak sekali, hanya saja literasi cerita-cerita sangat kurang. Semoga untuk kedepannya cerita-cerita lama bermunculan. Penulis sendiri sebenarnya rindu ingin mendengar, cerita ketika mudanya Raden Abiyasa dan putranya Raden Pandu Dewanata.

    Tokoh Hebat Wanita Dalam Wayang
    Berikut daftar nama raja yang terkenal sering keluar didalam kisah Maha Barata:
  • Prabu Baladewa
  • Prabu Kresna
  • Prabu Salya
  • Prabu Yudistira
  • Prabu Karna
  • Prabu Gatot Kaca

Catatan: Kenapa Gatot Kaca, ditempatkan didalam daftar nama-nama raja terkenal di Maha Barata? Gatot Kaca, walau usianya masih muda bahwa dia sesungguhnya adalah seorang raja dan kerajaannya juga besar. Dimana kerajaan tersebut dahulunya milik kakeknya yang bernama Prabu Terbuku. Kebetulan anak pertama dari Prabu Terbuku, yang bernama Raden Arimba mati sebelum menikah. Sedangkan adiknya Raden Arimba, perempuan yaitu Ibunya Gatot Kaca. Didalam peraturan kerajaan Pringgadani perempuan tidak boleh menjadi raja. Sehingga Gatot Kaca, sejak muda sudah jadi raja. Nama Anak Pandawa Dan Kurawa

Dengan tulisan yang singkat ini semoga sahabat-sahabat semua dapat mengetahui sebagian daftar nama raja terkenal, di kisah Maha Barata. Jika ingin mengetahui lebih lengkap lagi tentu harus menonton wayang secara langsung. Karena didalam weblog ini, hanya menyapaikan secara umum saja disebabkan terbatasnya waktu dikarenakan ini hanya menuangkan apa yang telah penulis ketahui dan melakat dalam ingatan. Wayang

Next Post Previous Post


Silahkan Baca Juga: